Bagian 2: Sama-sama Kuasai Perekonomian Dunia, Amerika dan Cina Punya Perbedaan Mencolok

Admin,
5 Februari 2022 - 2:6

Amerika dan Cina sama-sama sebagai penguasa perekonomian dunia. Jika menganggap kedua negara ini sama, maka Anda salah. Sebab nyatanya banyak perbedaan mencolok dalam kehidupan sosial dan kerja. Simak lanjutannya, yuk!

  • Ruang pribadi

Orang Cina yang tinggal di perkotaan terbiasa dengan kurangnya ruang pribadi. Kota-kota padat penduduk, tercemar, dan ramai.

Sedangkan orang Amerika lebih terbiasa dengan ruang sendiri dan menciptakan teritorial masing-masing. Di lain sisi, di sini juga membiasakan budaya antri, sehingga semuanya serba teratur.

  • Informasi dan transparansi

Di Amerika, kebebasan berbicara dijunjung tinggi. Selain itu masyarakat juga memiliki hak untuk mengakses informasi. Mereka juga lebih terbuka dengan banyak upaya dilakukan untuk merangkul transparansi.

Situsi sebaliknya terjadi di Cina, yang mana media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram dan jejaring lainnya diblokir. Di perusahaa-perusahaan, informasi dibagikan berdasarkan kebutuhan.

  • Persaingan bisnis

Persaingan bisnis Cina dilakukan secara perlahan-lahan. Mereka cenderung menghindari konfrontasi dan melindungi diri. Namun jika suatu hubungan telah rusak, maka sifatnya permanen.

Sementara di Amerika, hal-hal konforntasi dianggap sebagai toxic yang membuat semuanya kacau dan harus segera disingkirkan. Mereka lebih berterus terang untuk hubungan lebih baik.

  • Kerendahan hati dan bersaing

Perbedaan mencolok lainnya juga terjadi pada kehidupan sosial, di mana orang Cina sangat menghormati kerendahan hati. Jadi meskipun prestasi seseorang kurang , namun memiliki attitude baik akan dinilai lebih baik.

Sedangkan di Amerika sebaliknya. Seseorang harus memaksimalkan diri dan membiarkan orang lain tahu tentang kesuksesan. Kerendahan hati dianggap sebagai tanda kelemahan.

  • Kecepatan memutuskan masalah

Bisnis di Amerika Serikat bergerak dengan cepat. Mereka fokus pada kecepatan dan efisiensi untuk menyelesaikan sesuatu. Dengan kata lain, waktu adalah uang.

Di sisi lain, orang Cina pandai dalam bernegosiasi. Sebelum memutuskan suatu masalah, biasanya mereka saling berdiskusi dan membina hubungan. Tenggat waktu adalah hal wajar untuk keputusan baik antara kedua belah pihak.

Meskipun keduanya memiliki perbedaan mencolok, namun sama-sama sebagai penguasa perekonomian dunia. Sarannya, sebelum datang ke kedua negara tersebut alangkah lebih baik untuk mencari tahu situasi budaya dan sosial agar lebih mudah beradaptasi.

 

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp